Disclaimer : 

Semua yang saya share murni pengalaman pertama saya dalam mengajukan pinjaman KUR BRI.


Diterima atau tidak nya pengajuan konsumen tergantung dari banyak hal, mulai dari wilayah, kelengkapan dokumen, hasil cek sistem SLIK atau BI Checking, serta jaminan.


Daftar isi :

1. Proses Pengajuan

2. Survey

3. Dokumen

4. Pencairan

5. Lain Lain



brosur cicilan KUR Mikro BRI terbaru



Mulai !

Proses Pengajuan

saya pertama kali dapet info KUR BRI dari teman, pada waktu itu dia ngajuin pinjaman 10 Juta, kemudian saya tertarik juga untuk mengajukan karena perlu juga buat nambah modal usaha kredit HP dan online shop.


Tanggal 21 Desember 2020, malam hari ke bank BRI terdekat di wilayah saya. Ketemu mantri yang biasa survey, pada waktu itu saya belum bawa persyaratan nya, niat hanya untuk konsultasi dan tanya apa saja yang perlu di siapkan.


Pada malah itu juga saya di chat wa , di minta kirim foto KTP, KK, serta Foto usaha.


Usaha saya adalah bisnis online dan kredit HP. Dan belum memiliki toko, maka saya kirim foto laporan pemasukan bulanan kredit hp serta barang dagangan online shop saya. 


Di titik ini saya masih belum menyerahkan dokumen fisik ya, jadi hanya baru sebatas di chat wa.


Survey

Tanggal 22 Kemudian saya di survey sekaligus penyerahan dokumen kelengkapan dan tanda tangan kontrak pengajuan KUR BRI.


Yang sudah mengajukan KUR BRI tapi masih belum ada jawaban, tinggal di tanya kan saja ke mantri nya.


Dokumen

Pada saat itu juga saya menyerahkan dokumen persyaratannya :

1. Fotocopy KTP

2. Buku nikah tidak saya lampirkan (belum nikah)

3. Fotocopy KK

4. Asli : Surat Keterangan Usaha dari desa

5. Jaminan BPKB Motor Supra Tahun 2017.


Pencairan

3 hari kemudian saya di telfon Bank BRI cabang terdekat untuk ke bank , yaitu penandatangan dokumen pencairan. Jangan lupa bawa juga materai tempel sebanyak 5 buah.


Saya di telfon jam 1 siang dan langsung berangkat ke lokasi. Karena staff terbatas dan bertepatan dengan akhir bulan, pengajuan KUR banyak. Saya dapet antrian di jam isya :D. 


Sangat melelahkan memang, tapi ya namanya butuh, ya di jalani saja :D


Lain Lain

Prosedur KUR bisa berbeda beda. Hal ini terkait banyak faktor, untuk saya case, karena saya domisili asli di dekat bank BRI tersebut.


Nominal dana yang kita terima tidak sepenuhnya bulat sesuai pengajuan.


Tapi ada beberapa potongan, untuk bulan pertama dan terakhir saya langsung masuk angsuran, dan juga ada asuransi kurang dari 100rb an yang saya kurang faham juga.


Total saya pinjam 20jt yang cair 18 juta an dengan angsuran 36 x Rp 650.000.


Untuk pembayaran bulanan saya jarang setor langsung ke teller, tapi di debet otomatis 1 hari sebelum hari jatuh tempo pembayaran.


Usahakan saldo di atm kamu yang terdaftar pengajuan KUR BRI cukup.

Selain itu apabila ada kelebihan pemotongan, sistem otomatis akan menjadikan kredit untuk bulan depan.


Sekian pengalaman pengajuan KUR BRI terbaru mulai dari pengajuan, hingga proses pencairan.


Pertanyaan silahkan chat di komentar 

Terima Kasih, 

Bisa Jualan Online